Powered By Blogger

Thursday 23 July 2015

Ilmu Budaya Sosial - Manusia dan Keindahan

  • KEINDAHAN
Keindahan berasal dari kata Indah, Keindahan adalah sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang bila memandangnya. Dalam KBBI, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus dan elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu.

Menurut luasnya dibedakan pengertian:

1. Keindahan dalam arti luas.
Keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Misalnya Plato menyebut watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuau yang baik dan juga menyenangkan.

Jadi keindahan seluas luasnya meliputi
- Keindahan seni
- Keindahan alam
- Keindahan moral
- Keindahan intelektual.

2. Keindahan dalam arti estetik murni.
Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetik seorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya 

3. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan pengelihatan.
Keindahan dalam arti yang terbatas, mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda benda yang dapat diserap dengan pengelihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna Keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk, nada dan kata kata. Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itu dengan si pengamat.

  • RENUNGAN
Renungan berasal dari kata renung; artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori. antara lain... Teori pengungkapan, Teori metafisik dan teori psikologis.

1. Teori Pengungkapan
Dalil dari teori ini adalah "Art is an expression of human feeling" Teori ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan suatu karya seni. Tokoh teori eskpresi yang paling terkenal adalah filsuf Italia Benedeto Croce (1886-1952) lol i thought it was benedict cumberbatch anyway, dengan karyanya yang telah diterjemahkan kedalam bahasa inggris " aesthetic as science of expression and general linguistic" Denga demikian pengungkapan itu berwujud sebagai gambaran angan angan.

2. Teori Metafisik
Teori seni yang bercorak metafisis merupakan salalh satu teori yang tertua, yakni berasal dari plato yang karya karya tulisnya untuk sebagian membahas estetik filsafati. Konsepsi keindahan dan teori seni. Metafisika Plato yang mendalilkan adanya dunia ide pada taraf yang tertinggi sebagai realita ilahi. Pada taraf yang lebih rendah terdapat realita duniawi ini yang merupakan cerminan semu dan mirip realita ilahi itu. Dan karya seni yang dibuat manusia hanyalah merupakan mimemis (tiruan) dari realita duniawi.

3. Teori Psikologis
teori teori metafisis dari para filsuf yang bergerak diatas taraf manusiawi dengan konsepsi konsepsi tentang ide tertinggi atau kehendak semesta umumnya tidak memuaskan, karena terlampau abstrak dan spekulatif. Sebagian ahli estetik dalam abad modern menelaah teori-teori seni dari sudut hubungan karya seni dan alam pikiran dan penciptanya dengan mempergunakan metode-metode psikologis






  • KESERASIAN
Apa itu keserasian? Keserasian adalah perbandingan anatar kedua belah sesuatu menjadi sesuatu yang cocok. Anda menaruh vas bunga diatas meja ruang tamu, maka kedua hal itersebut adalah cocok. Serasi itu like me and yoongi yeah bisa dikatakan bukan hanya sesuatu yang cocok dan wajar, namun sesuatu memiliki niai lebih dari wajar. 
Keserasian berasal dari kata "serasi" artinya cocok atau sesuai, memiliki faktor perpaduan dan keseimbangan.

Dalam hubungannya dengan keindahan, keserasian memiliki makna perpaduan antara berbagai unsur yang menjadi satu sehingga menimbulkan satu bentuk keindahan. Sehingga keserasian memiliki hubungan yang ert kaitannya dengan keindahan, tanpa adanya keserasian, keindahan tidak akan terwujud dalam sebuah karya atau benda yang diciptakan manusia dalam tujuan estetika

Keserasian adalah kecocokan yang mengandung unsur perpaduan, pertentangfan, ukuran dan keseimbangsn yang terdiri dari..

TEORI OBJEKTIF DAN TEORI SUBJEKTIF
Teori objektif berpendapat bahwa keindahan atau ciri ciri yang menciptakan nilai estetika adalah sifat (kualitas) yang memang melekat dalam bentuk indah.
Teori subjektid menyatakan bahwa ciri ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri seseorang yang mengamati suatu benda.

TEORI PERIMBANGAN
Dalam arti yang terbatas yakni secara kualitatif yang diungkapkan dengan angka angka, keindahan hanyalah kesan yang subjektif sifatnya dan berpendapat bahwa keindahan seungguhnya tercipta dan tidak ada keteraturan yakni tersusun dari daya hidup, penggembaraan, pelimpahan dan pengungkapan perasaan

ASAS KESERASIAN
Asas keserasisan mengandung pengeritan harmoni dalam interaksi antara pengguna jasa dan penyedia jasa dalam penyelenggaraan pekerjaan konstuksi yang berwawasan lingkungan untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan bermanfaat tinggi.





Anggieta Ayu Maulina
21314241
1TB06

No comments:

Post a Comment