Powered By Blogger

Saturday 25 July 2015

Ilmu Budaya Dasar - Manusia dan Tanggung Jawab

  • PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Dalam KBBI tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggunga segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Adapun tanggung jawab secara definisi merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab itu sudah menjadi bagian kehidupan manusia bahwa setiap manusia dan yang pasti masing-masing orang akan memikul stau tanggung jawabnya sendiri sendiri.
  • MACAM MACAM TANGGUNG JAWAB
Tujuan manusia berjuang itu untuk memenuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain. untuk itu ia menghadapi manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam. Dalam usahanya itu manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan, yaitu kekuasaan tuhan. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya.

1. Tanggung jawab terhadap tuhan

Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap tuhan.

2. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

3. Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri atas suami, istri, ayah, ibu, anak anak dan juga orang lain yang merupakan anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarga. tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. tapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan dan kehidupan.

4. Tanggung jawab terhadap masyarakat.

Pada hakekatnya, manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain. sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. karena membutuhkan manusia lain maka ia harus bisa berkomunikasi dengan manusia lain. sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.

5. Tanggung jawab kepada bangsa/negara.

Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertingkah laku manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan itu salah maka akan ada pembalasan yang setimpal



  • PENGABDIAN DAN PENGORBANAN 
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat sebagai perwujudan kesetiaan, atau suatu kesetiaan yang dilakukan dengan ikhlas.
Pengabdian itu ada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras seharian penuh untuk mencukupi kebuthan. Lain halnya jika kita membatu teman dalam kesulitan mungkin sampai berhari  hari bukan pengabdian.

Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan emikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.

  • PERBEDAAN PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
Perbedaan antara pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan. Antara sesama kawan, sulit dikatakan pengabdian, karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatnya. Tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan kepada sesama teman.
untuk lebih jelasnya lagi, pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian.


Anggieta Ayu Maulina
21314241
1TB06

No comments:

Post a Comment