Powered By Blogger

Thursday 23 July 2015

Ilmu Budaya Dasar - Manusia dan Cinta Kasih


  • PENGERTIAN KASIH SAYANG
Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Porwadarminta adalah "perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga, kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. 

  1. Kemeseraan
    Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
  2. Pemujaan
    Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. kecintaan manusia kepada tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan manusia.
  3. Belas Kasihan
    Dalam cinta sesama ini dipergunakan istilah belas kasih, karena Cinta disini bukan karena cakapnya, kayanya, cantiknya, pandainya, melainkan karena penderitaannya. Penderitaan mengandung arti luas, mungkin karena tua, sakit sakitan, yatim piatu, penyakit yang dideritanya, dll.
  4. Cinta Kasih
    Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antara orang-orang yang sama sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah tanpa daya. Walaupun terdapat perbedaan besar antara kedua jenis tersebut, kedua-duanya mempunyai kesamaan bahwa pada hakekatnya cinta kasih tidak terbatas kepada seorang saja.


  • CINTA MENURUT AGAMA ISLAM

Di antara para ulama ada yang membagi cinta menjadi dua bagian dan ada yang membaginya meenjadi 4. Asy-Syaikh Muhammad bin 'Abdulwahhab Al Yamani dalam kitab Al-Qaulul Mufid fi Adillatit Tauhid (hal. 114) menyatakan bahwa cinta ada 4 macam yaitu...

- Cinta ibadah
Yaitu mencintai Allah SWT dan apa apa yang dicintai-Nya, dengan dalil ayat dan hadits di atas.

- Cinta Syirik
Yaitu mencintai Allah SWT dan juga selain-Nya. Allah SWT berfirman, "Dan diantara manusia ada yang menjadikan selain Allah SWT sebagai tandingan tandingan (bagi Allah), mereka mencintai tandingan tandingan tersebut seperti cinta mereka kepada Allah." (Al- Baqarah: 165)

- Cinta Maksiat
Yaitu cinta yang akan menyebabkan seseorang melaksanakan apa yang diharamkan Allah dan meninggalkan apa-apa yang diperintahkan-Nya. Allah SWT berfirman, "Dan kalian mencintai harta benda dengan kecintaan yang sangat" (Al-Fajr : 20)

- Cinta Tabiat
Seperti cinta pada anak, keluarga, diri, harta dan perkara lain yang dibolehkan. Namun Cinta ini sebatas cinta tabiat. Allah berfirman pada surat Yusuf ayat 8
"Ketika mereka (saudara saudara Yusuf 'alaihif salam) berkata: "Yusuf dan adiknya lebih dicintai oleh bapak daripada kita"

  • CINTA MENURUT AGAMA KRISTEN

- Cinta adalah pencipta keindahan terhebat (Tim 2:9-10)
- Cinta adalah suatu wujud keinginan;dalam niat dan tindakan (1 Yoh 3:18)
- Cinta harus menjadi dasar dari segala sesuatu (1 Kor 13:3)

  • CINTA MENURUT AGAMA HINDU

Cinta adalah perasaan pada kesenangan, kesetiaan, kepuasan terhadap suatu obyek, sedangkan kasih adalah perasaan cinta yang tulus lascarya terhadap suatu obyek. Adapun yang menjadi obyek dari cinta kasih itu adalah semua ciptaan Sanghyang Widhi Wasa. Tuhan yang maha esa. ciptaan tuhan dapat digolongkan dalam tingkatan sesuai eksistensinya atau kemampuannya yaitu "eka Pramana" ialah makhluk hidup yang hanya memiliki satu aspek kemampuan berupa bayu/tenaga/hidup, seperti tumbuh-tumbuhan. "Dwi pramana" ialah makhluk hidup yang memiliki dua aspek kemampuan berupa bayu dan sabda/bicara, seperti hewan/binatang/ "Tri pramana" ialah makhluk hidup yang memiliki tiga aspek kemampuan berupa bayu, sabda dan idep/pikiran. seperti manusia

  • CINTA MENURUT AGAMA BUDDHA

Agama Buddha tidak alergi denga istilah "cinta". Terbukti dalam Nikaya Pali, yaitu: Dhammapada ada satu bab yang diberi judul: Piya Vagga yang berarti kecintaan. Begitu pula dalam Majjhima Nikaya terdapat sutta yang berjudul Piyajatika Sutta, khotbah tentang orang orang tercinta.

Anggieta Ayu Maulina
21314241
1TB06

No comments:

Post a Comment