Powered By Blogger

Thursday 16 July 2015

Ilmu Budaya Dasar - IBD Sebagai Salah Satu MKDU


  • PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR SECARA UMUM
Ilmu Budaya Dasar secara sederhana adalah pengetahuan yang diharapkan akan mampu memberikan pengetahuan dasar dan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.

Istilah Ilmu Budaya Dasar Sendiri itu dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa inggris yaitu "The Humanities" yang berasal dari kata latin yaitu Humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus.

  • ILMU BUDAYA DASAR MENURUT PARA AHLI
Berikut pengertian ilmu budaya dasar menurut para ahli

  1. Koentjaraningrat
    Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.
  2. Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemardi
    Mengatakan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.
  3. R. Linton Dalam bukunya yang berjudul The Cultural Background of Personality menyatakan bahwa kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah laku dan hasil laku, yang unsur unsur pembentuknya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu.
  4. Sutan Takdir Alisyahbana
    Kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir.
  5. Herskovits
    Ilmu budaya dasar adalah sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.
  • TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu budaya dasar adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan. IBD semata mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

  • RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA SOSIAL
Dua masalah pokok yang dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar. kedua masalah pokok tersebut adalah...

  1. Aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya baik dari segi masing masing keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
  2. Hakekat manusia yang satu (universal), namun banyak perbedaan - perbedaan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Keanekaragaman tersebut terbentuk akibat adanya perbedaan ruang, tempat, waktu proses adaptasi, keadaan sosial budaya, lingkungan alam, dimana terwujud dalam berbagai bentuk ekspresi seperti : ungkapan, pikiran dan ,perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.

Anggieta Ayu Maulina
1TB06
21314241 

No comments:

Post a Comment