Powered By Blogger

Thursday 23 July 2015

Ilmu Budaya Dasar - Manusia dan Penderitaan

  • PENGERTIAN PENDERITAAN
Penderitaan adalah menanggung atau menjalani sesuatu yang sangat tidak menyenangkan yang dapat dirasakan oleh manusia. Setiap manusia pasti pernah mengalami penderitaan baik secara fisik maupun batin. Penderitaan juga termasuk realitas dunia dan manusia.

Dalam pengertian lain, penderitaan berasal dari kata "derita", dan kata derita berasal dari bahasa sangsekerta " dhra" yang artinya menahan atau menanggung. Penderitaan bisa saja dialami oleh semua orang. Penderitaan seseorang belum tentu sama dengan penderitaan yang dialami oleh orang lain.


  • SIKSAAN
siksaan berasal dari kata bahasa inggris yaitu torture " yang artinya digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan sesuatu. Segala tindakan yang menimbulkan penderitaan, baik secara fisik maupun mental, yang dilakukan terhadap seseorang dengan tujuan balas dendam, huuman, intimidasi dan sdisme dapat dikatakan sebagai penyiksaan.

Siksaan yang sifatnya psikis antara lain adalah kebingungan, kesepian dan ketakutan.

1. Kebimbangan
Kebimbangan dialami oleh seseorang apabila ia pada suatu saat tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan dia ambil. 

2. Kesepian
Kesepian dialami oleh seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya atau jiwanya walaupun ia dalam lingkungan ramai.

3. Ketakutan
Ketakutan merupakan bentuk lain yang menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin. B ila rasa takut itu dibesar besarkan yang tidak pada tempatnya, maka disebut phobia.




  • KEKALUTAN MENTAL
Kekalutan mental merupakan suatu keadaan dimana jiwa seseorang mengalami gangguan, kekacauan  dan kebingungan dalam dirinya sehingga ia merasa tidak berdaya. Ketika kekalutan mental sedang terjadi (are talking about mental breakdown? no?) sesorang tersebut sedang mengalami kejatuhan mental dan tidak tahu apa yang harus dilakukan oleh orang tersebut.

Gejala-gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah:
1. Nampak pada jasmani yang sering pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung
2. Nampak pada kejiwaannya rasa cemas, kekalutan, apatis, cemburu, mudah marah.

  • PENDERITAAN DAN PERJUANGAN
Setiap manusia pasti mengalami penderitaan, baik berat maupun ringan. Penderitaan adalah bagian dari kehidupan manusia yang sifatnya kodrati. Karena itu terserah kepada manusianya sendiri untuk berusaha mengurangi penderitaan itu semaksimal mungkin. Manusia adalah makhluk yang berbudaya, dengan budayanya itu ia berusaha mengatasi penderitaan yang mengancam atau dialaminya. Hal ini membuat manusia itu kreatif, baik bagi penderitaan itu sendiri maupun orang lain yang melihat atau mengamati penderitaan.

  • PENDERITAAN DAN SEBAB SEBABNYA
Penderitaan disebabkan karena adanya hubungan antara manusia dengan lingkungan sekitarnya baik antar sesama manusia ataupun dengan alam. Penderitaan ini dapat muncul karena ketidak harmonisan antara elemen satu dengan yang lainnya. Contohnya pada hubungan dalam bermasyarakat.
Selain karena ketidak harmonisan dengan sesama, ketidak harmonisan dengan alam juga dapat membawa penderitaan. Contohnya apa yang sedang terjadi saat ini yaitu, bencana alam terjadi dimana mana, karena kesalahan manusia terhadap alam lah yang membuat alam menjadi tidak bersahabat lagi.

Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau siksaan / azab tuhan. Namun kesabaran, tawakal dan optimisme dapat merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu. 

  • PENGARUH PENDERITAAN
Orang yang mendapatkan atau pernah mendapatkan penderitaan pastinya akan mempengaruhi pada dirinya. Baik itu dalam jumlah yang besar maupun sedikit. did u even read this ugh. Sikap yang timbul dapat berupa yang positif maupun negatif. sikap positifnya adalah... manusia dapat mengambil hikmah dari penderitaan yang dialaminya sehingga dia akan mendapatkan pengalaman lebih. sisi negatifnya tentunya akan merubah pola pikiran menuju hal yang negatif.



Anggieta Ayu Maulina
21314241
1TB06

No comments:

Post a Comment