Powered By Blogger

Sunday 26 July 2015

Ilmu Budaya Dasar - Manusia dan Pandangan Hidup


  • PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP DAN IDEOLOGI
Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Kata ideologi seniri diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide" Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu secara umum (lihat ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filsofis, atau sekelompok ide diajukan oleh kelas yang dominan pada sseluruh anggota masyarakat.

Pandangan Hidup adalah sikap manusia yang paling mendasar dalam menyikapi setiap hal yang terjadi pada hidupnya, baik itu berupa masalah, tugas tantangan dan segala yang dilakukannya manusia pasti mempunyai pandangannya masing masing.

Unsur - Unsur pandangan hidup

a) Cita cita
cita cita sering kali diartikan sebagain angan - angan, keinginan, kamauan, niat atau harapan. Cita-cita merupakan pandangan masa depan atau merupakan pandangan hidup masa depan.


b) Kebajikan
Kebajikan atau kebaikan pada hakikatnya adalah perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma - norma agama atau etika. Kebajikan manusia nyata dan dapat dirasakan dalam tingkah laku, karena tingkah laku bersumber dari pandangan hidup.

c) Usaha
Usaha kerja keras untuk mewujudkan cita-cita (tujuan) kerja keras dapat dilakukan dengan otak/ilmu maupun dengan tenaga/jasmani ataupun dengan kedua-duanya

d) Keyakinan
Keyakinan yang menjadi dasar pendangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan tuhan. Ada 3 aliran kepercayaan yaitu : aliran naturalisme dan aliran intelektualisme dan aliran gabungan.



  • LANGKAH LANGKAH BERPANDANGAN HIDUP YANG BAIK
Langkah Langkah Berpandangan Hidup

1. Mengenal
merupakan suatu kodrat manusia yaitu merupakan tahap pertama dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam jalan ini mengenal apa itu pandangan hidup.
2. Mengerti
tahap kedua untuk berpandangan hidup yang baik adalah mengerti yang dimaksud disini adalah mengerti terhadap pandangan hidup itu sendiri.
3. Menghayati
dengan menghayati pandangan hidup kita memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai pandangan hidup itu sendiri.
4. Meyakini 
Dengan meyakini berarti secara langsung ada penerimaan yang ikhlas terhadap pandangan hidup itu.
5. Mengabdi
Sesuatu hal yang penting dalam menghayati dan meyakini sesuatu ayang telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya lebih lebih ke orang lain.
6. Mengamankan
Langakh yang terakhir ini merupakan langkah terberat dan benar benar membutuhkan iman yang teguh dan kebenaran dalam menanggulanhi segala sesuatu demi tegaknya pandangan hidup itu.


Anggieta Ayu Maulina
21314241
1TB06

No comments:

Post a Comment