Powered By Blogger

Saturday 18 July 2015

Ilmu Budaya Dasar - Manusia dan Kebudayaan


  • PENGERTIAN MANUSIA
Secara bahasa, manusia berasal dari bahasa sangsekerta, Manu, dan bahasa latin, mens, yang berarti, berpikir, berakal budi (mampu menguasai makhluk lain)

Secara istilah, manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok atau seorang individu.

Manusia diklasifikasikan sebagai Homo Sapiens (Bahasa Latin yang berarti "Manusia yang tahu") sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.

  • PENGERTIAN MANUSIA MENURUT PARA AHLI
  1. Kees Bertens
    Manusia merupakan makhluk yang memiliki 2 unsur, dimana kesatuannya tidak dapat dinyatakan.
  2. Sokrates
    manusia merupakan sejenis makhluk hidup yang memiliki kaki 2, tidak memiliki buku namun memiliki kuku yang lebar dan datar.
  3. Abineneo J.I
    Manusia merupakan tubuh yang memiliki jiwa, namun tidak berarti memiliki jiwa yang abadi.

    dll
  • PENGERTIAN HAKEKAT MANUSIA
Hakikat manusia adalah makhluk tuhan yang paling sempurna. 
Hakikat manusia sebagai berikut:

  1. Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan kebutuhannya
  2. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
  3. Yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif yang mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
  4. Makhluk yang dalam proses menjadi berkemban dna terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
  5. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya ke dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
  6. Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudannya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas
  7. Makhluk tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
  8. Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial. bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaanyatanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

  • KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
Kepribadian bangsa timur dapat diartikan suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi.

Pada umumnya kepribadian bangsa timur adalah sangat terbuka terhadap bangsa lain, tetapi selama masih sesuai dengan norma, etika serta adat istiadat yang ada. Namun, walaupun kita sudah tau banyak tentang kepribadian bangsa timur, kita tidak bisa selalu beranggapan bahwa kebudayaan bangsa timur lebih baik dari kebudayaan bangsa barat. 

Faktor Faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru.

Antara lain : 

  1.  Terbatasnya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang orang yang berasal dari luar kebudayaan tersebut. 
  2. Jika Pandangan hidup dan nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai nilai agama.
  3. Corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru. misalnya sistem otoriter akan sukar menerima unsur kebudayaan baru.
  4. Suatu unsur kebudayaan diterima jika sebelumnya sudah ada unsur unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi diterimanya unsur kebudayaan yang baru tersebut.
  5. apabila unsur yang baruitu memiliki skala kegiatan yang terbatas.
  • PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Kata kebudayaan berasal dari kata budh dalam bahasa sangsekerta yang berarti akal, kemudian menjadi kata budhi (tunggal) atau budhaya (majemuk), sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil pemikiran atau akal manusia. 
Ada pendapat yang mengatakan bahwa kebudayaan berasal dari kata budi dan daya. Budi adalah akal yang merupakan unsur rohani dalam kebudayaan, sedangkan daya berarti perbuatan atau ikhtiar sebagai unsur jasmani sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil dari akal dan ikhtiar manusia.
Kebudayaan = Cultuur (bahasa belanda) = Culture (bahasa inggris) = tsaqafah (bahsa arab)
berasal dari bahasa latin colere yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan dan mengembangkan. terutama mengolah tanah atau bertani. Dari segi ini berkembanglah arti culture sebagai "segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam"

Kebudayaan memiliki 7 unsur, antara lain...

1. Sistem Bahasa
2. Sistem peralatan hidup dan teknologi
3. Sistem ekonomi dan mata pencaharian hidup
4. Sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial
5. Ilmu pengetahuan
6. Kesenian
7. Sistem kepercayaan atau agama.

Wujud kebudayaan ada 3. Antara lain...
1. Wujud Gagasan
Budaya dalam wujud gagasan/ide ini bersifat abstrak dan tempatnya ada dalam alam pikiran tiap warga pendukung budaya yang bersangkutan sehingga tidak dapat diraba atau difoto.
2. Wujud Perilaku (aktivitas)
Budaya dalam wujud perilaku berpola menurut ide/gagasan yang ada. Wujud perilaku ini bersifat konkrit, dapat dilihat dan di dokumentasikan.
3. Wujud Benda Hasil Budaya
Semua benda hasil karya manusia tersebut bersifat konkrit dapat diraba dan difoto. Kebudayaan dalam wujud konkrit ini disebut kebudayaan fisik.

  • HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEBUDAYAAN
Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat berkaitan satu ama lain. Manusia di alam dunia ini memegang peranan yang unik, dan dapat dipandang dari berbagai segi. Dalam Ilmu sosial manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi). Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri (sosialofi). Makhluk yang selalu ingin mempunyai kekuatan ( politik) makhluk yang berbudaya dan lain sebagainya.

Anggieta Ayu Maulina
21314241 
1TB06

No comments:

Post a Comment