Powered By Blogger

Monday 27 July 2015

Ilmu Budaya Dasar - Manusia dan Kegelisahan

A.   Pengertian Kegelisahan


Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berasal tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegesilahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.


            Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan, kekhawatiran atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.


B.   Sebab-Sebab Orang Gelisah dan Solusi Untuk Mengatasinya


Sebab orang gelisah adalah karena mereka takut kehilangan berbagai macam haknya seperti hak untuk hidup, hak milik, hak memperoleh perlindungan, dan lain-lain.


            Cara untuk mengatasi kegelisahan seperti ini, pertama-tama harus dimulai dari diri kita sendiri, yaitu dengan bersikap tenang, sabar, dan tabah. Dengan sikap tenang kita dapat berfikir lebih bijaksana dalam menghadapi keadaan yang tidak diinginkan atau keadaan yang menimbulkan kegelisahan, sehingga kesulitan dapat teratasi.





C.   Keterasingan


Keterangisan berasal dari kata dasar asing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang. Sehingga kata terasing berarti tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain, atau terpencil. Jadi, keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan. Apapun makna yang kita lekatkan pada istilah keterasingan, yang jelas ia merupakan bagian dari hidup manusia. Sebagai bagian dari hidup manusia, sebagaimana juga kegelisahan, maka keterasingan pun memiliki sifat universal. Ini berarti bahwa keterasingan tidak pernah mengenal perbedaan manusia. Sebentar ataukah lama setiap orang akan pernah mengalami keterasingan ini, meskipun kadar atau penyebabnya berbeda-beda.


D.   Kesepian


Krsepian adalah keadaan emosi dan kognitif yang tidak bahagia yang diakibatkan oleh hasrat akan hubungan akrab tetapi tidak dapat mencapainya. Invidu yang tidak menginginkan teman bukan orang yang kesepian, tetapi seseorang yang menginginkan teman dan tidak memilikinya lah yang disebut orang yang kesepian.


            Kesepian adalah pengalaman subjektif kesepian juga dideskripsikan sebagai kesakitan sosial – suatu mekanisme  psikologis untuk memperingatkan seorang individu atau isolasi yang tidak diinginkan dan memotivasinya untuk mencari hubungan sosial.


E.    Ketidakpastian dan Usaha-Usaha Untuk Mengatasinya


Ketidakpastian adalah sebutan yang digunakan dengan berbagai cara di sejumlah bidang, termasuk filosofii, fisika, statistika, ekonomika, teknik, dan ilmu pengetahuan informasi. Ketidakpastian berlaku pada perkiraan masa depan hingga pengukuran fisik yang sudah ada atau yang belum diketahui.


            Contohnya, jika anda tidak tahu apakah besok hujan, maka anda mengalami ketidakpastian. Bila anda menerapkan kemungkinan ini pada hasil memungkinkan yang menggunakan perkiraan cuaca atau penilaian kemungkinan terkalibrasi, anda telah memperkirakan ketidakpastian.


Anggieta Ayu Maulina
21314241
1TB06

No comments:

Post a Comment