Powered By Blogger

Sunday 24 April 2016

PKn - Wawasan Nusantara



Wawasan Nusantara



Wawasan nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia terhadap jati diri dan lingkungannyadengan beribu pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke dengan segala aspek perbedaan yang ada. Sebab, Indonesia merupakan negara dengan kepulauan yang masing masing memiliki ciri, sifat dan karakter tertentu dari masing masing masyarakatnya dengan berbagai suku, ras, agama dan perbedaan lainnya.

Dan, wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia mengenai jati diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dengan tetap menghargai dan menghormati tujuan nasional.

Kedudukan Wawasan Nusantara 

Wawasan nusantara merupakan ajaran yang diayakini kebenarannya oleh seuruh rakyat dengan tujuan agar tidak terjadi penyesatan dan penyimpangandalma rangka mencapai dan mewujudkan tujuan nasional.

Wawasan nusantara dalam paradigma nasional sebagai berikut.

  • Landasan Idii
    Pancasila 
  •  Ladasan Konstitusional
    UUD 1945 (konstitusi Negara) 
  •  Landasan Visional
    Wasantara – (visi bangsa)
  • Landasan Konsepsional
    Ketahanan  - nasional (konsepsi Bangsa)
  • Ladasan Operasional
    GBHN (Kebijaksanaan Dasar Negara)

Nilai – nilai pancasila mendasari pengembangan wawasan nusantara. Nilai nilai tersebut adalah..

  • Penerapan Hak Asasi Manusia (HAM), seperti memberi kesempatan menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing masing

  • Mengutamakan kepentingan masyarakat danpada kepentingan pribadi dan golongan
  • Pengambilan keputusan bedasarkan musyawarah untuk mufakat

Aspek Aspek Wawasan Nusantara

Pengaruh geografi merupakan suatu fenomena yang perlu diperhitungkan, karena indonesia kaya akan aneka sumber daya alam dan suku bangsa


  • Aspek Sosial Budaya
    Indonesia terdiri atas ratusan suku bangsa yang masing masing memiliki adat istiadat, bahasa, agama dan kepercayaan yang vberbeda-beda, sehingga tata kehidupan nasional yang berhubungan dengan interaksi antargolongan mengandung potensi konflik yang besar, mengenai berbagai macam ragam budaya.
  • Aspek Sejarah Indonesia
    Diwarnai oleh pengalaman sejarah yang tidak menghendaki
    perpecahan dalam lingkungan bangsa dan negara indonesia. Hal ini dikarekanan kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa indonesia merupakan hasil dari semangat persatuan dan kesatuan yang sangat tinggi. 
  • Aspek Kewilayahan Nusantara
    Aspek ini memperhatikan daerah, wilayah nusantara dimana Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam dan keanekaragaman flora dan fauna


Fungsi Wawasan Nusantara

  1. wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional yaitu, wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan dan kewilayahan.
  2. Wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan mempunyai cakupan kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.
  3. Wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara merupakan pandangan geopolitik indonesia dalam lingkup tanah air indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara
  4. Wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan, sehingga berfungsi falam pembatasan negara, agar tidak tejadi sengketa dengan negara tetangga
 
Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan wawasan nusantara terdiri dari dua yaitu..

  1. Tujuan Nasionaldapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah "untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang bedasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial
  2. Tujuan ke Dalamadalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial, makan dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia.
- Anggieta Ayu Maulina

No comments:

Post a Comment