Powered By Blogger

Tuesday 16 January 2018

Kritik Arsitektur - Gunadarma Gedung G4

Gedung G4 Gunadarma adalah sebuah gedung perkuliahan yang berlokasikan di Kampus G Gunadarma, Jalan Akses Kelapa Dua, Depok. Gedung G4 ini merupakan bangunan baru yang terpisah dari gedung kampus G lainnya, hanya terhubung dengan Gedung G2 dengan jembatan penghubung di lantai 3. Gedung ini terletak di bagian belakang area kampus G Gunadarma, sehingga sedikit tersembunyi dan tidak terlihat dari luar.


Gedung G4 Gunadarma
Sumber :dokumentasi pribadi
Gedung ini memiliki 4 lantai dan tiap lantainya memiliki 5 kelas. Terdapat 2 akses unutk memasuki gedung ini, yaitu melalui parkiran motor atau melalui jembatan penghubung dari lantai 3 gedung G2. bila melalui area parkir motor, mahasiswa harus mendaki tangga, terdapat satu kekurangan pada tangga ini, yaitu anak tangga yang menghubungkan lantai 1 dengan lantai 2 memiliki ukuran yang tidak sama, sehingga tidak sedikit mahasiswa yang tersandung saat menaiki tangga ini, ini dapat dikatakan cukup serius karena dapat mengakibatkan cedera bagi penggunanya.

ukuran tangga yang berbeda beda.
sumber : dokumentasi pribadi
Tangga sendiri memiliki standar ukuran tertentu, yaitu memiliki lebar kurang lebih 30 cm, tinggi kurang lebih 20 cm dan memiliki bordes berukuran kurang lebih 2 x 2 m. tetapi pada gedung G4 ini anak tangga memiliki ukuran yang berbeda beda sehingga perlu diperhatikan.

Gedung kampus sendiri sudah umum dengan mahasiswa yang suka duduk duduk di koridor yang merupakan jalan akses untuk mencapai ruang kelas, baik hanya untuk bersantai atau menunggu kelas berikutnya. Namun, gedung G4 ini memiliki koridor yang cukup sempi, yaitu hanya sekitr 180 cm saja lebarnya, sehingga jika ada mahasiswas yang duduk di sepanjang koridor akan mengganggu sirkulasi berjalan mahasiswa lainnya, terlebih lagi tangga hanya ada di satu titik gedung, sehingga seringkali terjadi penumpukan ketika banyak kelas yang selesai di saat yang bersamaan.

koridor gedung G4
sumber : dokumentasi pribadi
Gedung kampus pasti harus memiliki sarana toilet yang memadai, tetapi, pada gedung G4, hanya terdapat satu toilet untuk perempuan yaitu di bordes lantai 2 dan untuk laki laki di bordes lantai 3. Hal ini tentu akan sangat menyulitkan bagi pengguna gedung. Toilet laiin berada di luar gedung G4 yang akan memakan cukup waktu dan tenaga untuk dicapai. Sehingga hal ini juga perlu diperhatikan

Dalam hal fasad gedung, Gedung ini lebih superior dibandingkan dengan Gedung G yang lainnya, karena gedung ini tergolong gedung baru yang memiliki desain yang berbeda dengan gedung g lainnya yang merupakan gedung lama. Hal ini juga terlihat dari bagian ruang kelas yang jauh lebih terlihat menarik daripada ruang kelas gedung lama. mungkin tidak seluas ruang kelas alam, namun dari segi fasilitas seperi kursi dan meja hingga papan tulis jauh lebih memadai.

Dari tulisan kritik diatas dapat ditarik kesimpulan yaitu Gedung G4 Gunadarma ini memiliki banyak sekali potensi namun, sayang sekali, adanya beberapa design error baik yang disengaja maupun tidak, membuat gedung ini menjadi kurang baik dibanding dengan gedung G lainnya.

Anggieta Ayu Maulina
21314241

No comments:

Post a Comment