DISUSUN OLEH :
ANGGIETA
AYU MAULINA / NPM 21314241
ARLINA
SITI ELITTA / NPM 21314662
DESY
RUSTIYANI / NPM 22314805
DIAN
INTIFIAI / NPM 22314982
ELSE
ANANTIRA ARIADNA / NPM 23314529
HABBI
MAHANDA / NPM 24314642
HAIQAL
DWI GHIFARI / NPM 24314704
TAMARA
MUSTIKASARI / NPM 2A314651
2TB05
FAKULTAS
TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR
Mata Kuliah : Arsitektur dan Lingkungan
Dosen : X Furuhitho
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Definisi lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup
keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta
flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan
kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana
menggunakan lingkungan fisik tersebut.
Dari uraian di atas, dapat di katakan
bahwa definisi arsitektur lingkungan
adalah ilmu bangun membangun yang berkaitan dengan perencanaan tata kota,
landscape planning, urban design, interior maupun eksterior yang memperhatikan
kondisi fisik sumber daya alam, yang meliputi air, tanah, udara, iklim,
cahaya, bunyi dan kelembapan. Arsitektur lingkungan sangat berkaitan erat
dengan arsitektur hijau (green architectur) karena sama - sama berhubungan
dengan sumber daya alam.
Ekologi Arsitektur adalah keselarasan antara bangunan dengan alam
sekitarnya, mulai dari Atmosfer, biosfer, Lithosfer serta komunitas.
Unsur-unsur ini berjalan harmonis menghasilkan kenyaman, kemanan, keindahan
serta ketertarikan. Eko arsitektur telah lama diterapkan di Eropa, Amerika dan
Asia tentunya, dimulai dengan perencanaan resort, villa, lodge, dan taman yang
bertujuan sebagai tempat peristirahatan, rekreasi, camping ground,atau
lainnya, sementara nilai – nilai ekologi adalah kewajiban yang dibawa ke
dalamnya. Namun, setelah semakain banyak timbulnya bencana, nilai-nilai
ekologi diterapkan kembali sebagai suatu prioritas.
Arsitektur Ekologi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan
tidak hanya bentuk masa bangunan, material, tata ruang ataupun nilai kearifan
lokal yang ada, namun juga kepedulian kita sendiri terhadap bangunan tersebut,
bagaimana kita mengartikan fungsi dari pada bangunan tersebut,bagaimana kita
mengelolanya, dan bagaimana kita merawatnya.
Arsitektur Ekologi berfungsi
sebagai sarana edukasi serta analisis untuk mewujudkan fasilitas fisik berwawasan
lingkungan, dengan dilakukannya perencanaan secara Eko Arsitektur, maka akan
terwujudkan keselarasan antara fasilitas fisik dengan Lingkungan.
Sumber http://sheilla-s.blogspot.co.id/2015/11/arsitektur-ekologi-arsitektur-biologi.html
Sumber http://sheilla-s.blogspot.co.id/2015/11/arsitektur-ekologi-arsitektur-biologi.html
1.2 Masalah
Mencari tahu saluran air buangan
dari suatu tempat, baik itu tempat pribadi seperti rumah/apartment, tempat
umum seperti mall, tempat perbelanjaan , tempat pendidikan seperti
sekolah/kampus dan lain lain, ke
sungai/kali terdekat.
1.3 Tujuan dan Manfaat
Memahami saluran air buangan,
seperti apa rute yang terbaik dan
paling efektif.
BAB II
ISI
1.1 SITE
Site yang dipilih adalah SMKN 1 Cibinong, Jl. Karadenan No. 7 RT 03 RW 02, Karadenan,
Cibinong, Bogor 16913.
SMK Negeri 1 Cibinong berdiri pada tanggal 17
Juli 1999 dengan nama SMKN 2 Cibinong, namun berdasarkan SK Menteri Pendidikan
Nasional No. 217/0/2000, berubah namanya menjadi SMK Negeri 1 Cibinong. Pembangunan
gedung SMK Negeri 1 Cibinong bersumber dari dana LOAN OECF (Bantuan dari
Jepang). SMK Negeri 1 Cibinong berdiri diatas lahan seluas 17.440 m2, dan luas
bangunan ½ 9000 m2.
Site
yang dipilih adalah SMKN 1 Cibinong, Jl. Karadenan No. 7 RT 03 RW 02, Karadenan, Cibinong, Bogor 16913.
Lokasi site yang berada tepat di depan akses jalan utama
kardenan, dengan keadaan di sekitar site cukup berada di lingkungan pendidikan
dan cukup padat penduduk , membuat akses menuju site mudah karena lokasinya
yang berada di area pendidikan dan tepat di jalur utama karadenan.
2.2 BLOK
MASSA
Area bangunan gedung utama yang di letakan di depan akses
masuk yang di fungsikan sebagai area kantor guru,ruang pertemuan, ruang kepala
sekolah, administrasi, serta perpustakaan. Dan di tempatkan lapangan sebagai
penunjang kegiatan upacara serta ruang-ruang teori sebagai penunjang kegiatan
belajar mengajar yang di nuat mengelilingi lapangan, sebagai lapangan upacara
yang menjadi vocal point dari ruang belajar mengajar.
Pada area belakang di fungsikan sebagai area bengkel/studio
sebagai penunjang kegiatan dalam kompetensi keahlian, mengingat site ini milik
bangunan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) yang fasilitasnya pasti menyediakan
bangunan untuk kegiatan/pembelajaran diluar mata pelajaran normatif, seperti
Bengkel TKJ,TKK,TKR,TOI,TP dan Studio TGB.
Serta
pada area belakang juga di fungsikan sebagai area fasilitas pelengkap dari area
sekolah seperti, toilet, masjid, tempat wudhu, kantin, koprasi, lapngan voly,
area parkir.
2.3
TERITORIAL
Batasan lingkungan yang dimiliki site adalah :
Utara :
SMK BINA TEKNOLOGI dan LAPANGAN FUTSAL KRD CENTER
Selatan : SMA NEGERI 1 CIBINONG
Barat :
LAPANGAN BOLA dan PEMUKIMAN PENDUDUK
TIMUR :
PERTOKOAN dan AREA PEMUKIMAN PENDUDUK
2.4
SALURAN AIR KE SUNGAI
Saluran air yang terdapat di dalam
site akan dialirkan ke saluran air yang mengelilingi site, seperti yang ada
pada gambar, air akan mengalir dari dalam sekolah menuju ke salauran pembungan
air yang berada disekeliling sekolah untuk di alirkan menuju ke sungai.
Air yang
dialiri ke sunga berupa air dari hujan bukan air dari sisa sisa sekolah, karna
kalau air sisa sisa sekolah dialiri ke sungai juga maka sungai akan tercemar,
maka dari itu air yang di buang kesungai hanya air yang berasal dari hujan
saja.
2.5
LINGKUNGAN DI SEKITAR SITE
Pada area lingkungan bangunan dapat dilihat, sangat
memperhatikan penghijauan semaksimal mungkin. Seperti yang terlihat pada gambar
di samping kanan dan kiri pintu masuk terdapat beberapa pepohonan dan juga
tanaman, serta ada juga parkiran untuk para tamu yg berkunjung ke SMKN 1
CIBINONG, di samping parkiran tamu juga terdapat sebuah taman yg ada air mancur
ditengahnya, tempat ini cukup bagus untuk para siswa berkumpul dengan teman
temannya.
Penghijauan juga terdapat di
sejumlah titik, salah satu nya didekat bengkel/studio dari teknik permesinan
dan teknik kendaraan ringan, disamping dan di depan bengkel terdapat beberapa
pepohonan dan juga tanaman agar bengkel terlihat sejuk dan juga nyaman.
Dan tidak tertinggal juga,
disekeliling lapangan utama juga terdapat penghijauan berupa pepohonan dan juga
beberapa tanaman, sehingga lapangan terlihat lebih sejuk dan penggunanaya juga
merasa nyaman akan teriknya senir matahari.
2.6 PELETAKAN
TAMPAK
Pada area ini di jadikan view utama karena langsung
mendapatkan akses jalan utama dari jl.raya karadenan yang berarti banyak
pengguna yang melalui jalur ini yang dapat melihat tampak depan bangunan secara
langsung. Dan mempermudah murid atau orang tua murid jika datang kesekolah
karna langsung terlihat dari jalan raya utama.
1.7 TAMPAK
Tampak depan utama dibuat minimalis
karena melihat perkembangan arsitektur yang sekarang sangat banyak yang
menggunakan design minimalis, dan melihat fungsi bangunan gedung yang berada di
area depan di gunakan sebagai kantor guru, ruang kepala sekolah, ruang
pertemuan, serta ruang perpustakan serta ruang administrasi sangat cocok jika
bangunan di design minimalis dan dibuat simetri dari loby
DOWNLOAD FILE
good jobs...teruskan semangat yang baik
ReplyDelete