Powered By Blogger

Wednesday 5 November 2014

Ilmu Sosial Dasar

Definisi Pertumbuhan Penduduk


Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran. 

Indikator tingkat pertumbuhan penduduk sangat berguna untuk memprediksi jumlah penduduk di suatu wilayah atau negara dimasa yang akan datang. Dengan diketahuinya jumlah penduduk yang akan datang, diketahui pula kebutuhan dasar penduduk ini, tidak hanya di bidang sosial dan ekonomi tetapi juga di bidang politik misalnya mengenai jumlah pemilih untuk pemilu yang akan datang.

Masalah yang akan Timbul dari Adanya Pertumbuhan Penduduk di Indonesia


Problem yang akan dihadapi akibat meningkatnya pertambahan penduduk adalah pangan, energi dan papan. Dari sisi kebutuhan pangan, setiap kenaikan jumlah penduduk akan menaikkan pula ketersediaan pangan. Begitu pula energi, pertumbuhan penduduk membutuhkan energi yang besar, sementara ketersediaan energi makin menipis. Tak terkecuali masalah papan atau perumahan yang harus disediakan dalam jumlah besar. lalu kemudian masalah ini akan berujung pada naiknya tingkat pengangguran, kemiskinan, angka Kriminalitas dll.

Menurut saya solusinya adalah..
Adalah pembangunan yang merata, jangan berpusat di satu tempat saja, contohnya daerah yang terpencil seperti pulau pulau selain jawa.
Lalu untuk masalah lapangan pekerjaan, kita memiliki banyak sekali lokasi parawisata, maka ada baiknya kita manfaatkan untuk membangun banyak lapangan perkerjaan.

Hubungan Masyarakat dan Kebudayaan


Masyarakat adalah kesatuan kehidupan manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu dan terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

Kebudayaan atau budaya berasal dari bahasa sangsekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal diartikan sebagai hal hal yang berkaaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Lati Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga mengolah tanah atau bertani.

Hubungannya


Dari pengertian di atas, jelas dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat dan budaya memang pada dasarnya adalah sebuah satu kesatuan tingkah laku, perbuatan dan kegiatan yang dilakukan seiring dengan proses dan tahapan belajar dan disertakan dengan adat dan kebiasaan yang membaur dengan masyarakat kelak akan menjadi sebuah budaya yang indah, ambil contoh saja saat hendak makan ini adalah naluri manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya namun karena dipengaruhi oleh adat dan kebiasaan masyarakat sekitar sehingga menampilkan sebuah budaya atau cara makan yang baik, sopan penuh tatakrama dan sebagainya itu kan menjadi budaya.

Anggieta Ayu Maulina
1TB06
21314241

No comments:

Post a Comment